Opini publik di media sosial


Ada trend yang menarik belakangan ini dengan digunakannya media sosial sebagai bagian dari pemenangan pemilu. Di Jakarta, Sumut dan Jabar mereka yang menang berhasil menggerakkan netizen untuk share info dan berita-berita positif kandidat. Sebaliknya, info negatif juga di lawan dan ditumpuk dengan info positif dalam beraneka bentuk: video, komentar blog, posting blog, foto sampai info grafis.

Di twitter mereka gunakan Trending Topics sehingga icon mereka muncul di daftar otomatis yang bisa dilihat oleh semua penggunanya. Suatu kata atau kalimat masuk TT bisa dilakukan secara masif bersama-sama atau dengan berbayar.

Oleh karena itu melihat apa yang sedang dibicarakan atau ditweet oleh pengguna sebagai respon public, not necessary reflects the entire public opinion.

Cek infografis yang dimuat oleh Bloomberg Businessweek baru-baru ini. Source: http://t.co/uTgr07vqS3

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s