Membaca Sikap Politik Tempo pada Pilgub Jawa Barat 2013


Dulu pernah mendengar dari siapa entah, kalau media itu cermin masyarakat. Teorinya, media akan mewartakan apa yang terjadi di masyarakat. Jadi kalau ingin melihat gambaran masyarakat kita seperti apa, bacalah media.

arifz_tempofeb16

Belakangan, ide seperti itu mulai kuragukan. Sekarang, kita bisa membaca media dan pemikiran redakturnya dalam waktu yang bersamaan. Misalnya nih, Redaktur Eksekutif  Majalah Tempo, Arif Zulkifli juga aktif twitteran (@arifz_tempo) dan terkadang berkicau tentang suatu topik yang akan diterbitkan hari berikutnya. Di waktu yang lain, dia membuat komentar tentang suatu hal yang bisa disimak oleh para follower-nya.

arifz_tempo

Menyimak komentar redaktur eksekutif dan membandingkan dengan laporan utama majalah bagiku menarik. Ada cerita lain di balik laporan yang dibuat; dan dengan gampang kita bisa menebak sikap politik mereka secara individu. Lalu kita bisa cek pemberitaan-pemberitaan yang mereka buat. Konsisten.

Tempo_mendukung_rieke

Dalam kasus pilgub jabar 2013, sikap politik Arif Z terbuka.  Menariknya, judul pemberitaan di media online Tempo juga konsisten. Gambar berikut adalah screen shoot tempointeraktif hari senin (25 Februari 2013) sekitar 10.40 WIB. Sehari setelah pilgub selesai, termasuk hitung cepat dari berbagai lembaga survei.

Berita itu sendiri dirilis pada hari Ahad, 24 Februari jam 14.22 atau lebih dari sejam TPS ditutup. Penonton televisi pada waktu itu sudah melihat sample hitung cepat  yang masuk sudah mendekati 80% dan perhitungan sudah makin stabil.

tempo_anti_pks

Baca beritanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s