Media Ceroboh: MetroTV dan Teroris


Terlalu banyak  media yang ceroboh di negeri ini.  Kali ini, giliran alumni rohis yang mendapat tuduhan dari media yang terkenal sebagai corong partai nasdem.

Ah, sudah jadi corong partai –eh sekarang menyiarkan program yang menyakitkan.  Pantesan media semacam ini lama-lama makin ditinggalkan. Ganti channel saja deh, gak mutu kalau terus-terusan menyajikan program yang gak mendidik.  Bahkan menyebarkan ketakutan di kalangan umat islam.

Ada dua hal yang bisa dilihat:

Pertama, pengetahuan yang dangkal pembuat konten tentang aktivitas dakwah di kalangan pelajar. Barangkali pembuat konten siaran tidak bisa membedakan antara anak rohis dengan ajaran yang mereka sebut teroris. Solusinya, lebih baik para reporter metro lebih banyak gaul, membaca buku, dan gak usah terburu-buru kejar deadline dengan bahan berita yang masih dangkal. Kasihan editornya kalau sama-sama tidak paham (dan saking percaya-nya dengan para reporternya). Pertanyaannya, apa karena tv nasdem ini tidak pernah mendapatkan siaran ekslusif  dari kepolisian? Karena seringkali siaran langsung penyergapan dan aksi-aksi kontra terorisme disiarkan oleh kompetitornya?

salam-online.com

Kedua, agenda konspirasi sistemik untuk mengurangi kepercayaan terhadap aktivis dakwah, partai islam  dan agenda-agenda keislaman umumnya. Agenda ini sejalan dengan demarketing partai-partai berasaskan Islam yang belakangan ini mulai dimainkan dengan metode publikasi survei.  Dengan agenda ini, para orang tua akan mencegah anak-anaknya dalam kegiatan keagamaan, bahkan untuk memasuki masjid sekolah.

Pemberitaan tv nasdem ini menuai protes. Setidaknya sudah beredar perlawanan melalui media sosial, sms berantai dan bahkan mungkin ada somasi. Bantahanpun sebenarnya sudah di buat, tapi nyata-nyata makin memperlihatkan kualitas pembuat konten siaran.

Mari kita lihat episode selanjutnya dari fenomena media ceroboh ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s