Begini cara Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org


marimembantu.org logo

Penggalangan dana secara online sudah ramai dilakukan beberapa tahun ini, misalnya pada kampanye presiden di Amerika, penggalangan untuk menolong orang yang sakit keras atau bahkan untuk mendukung upaya kelestarian lingkungan.

Penggalangan online makin ramai karena kehadiran penyedia jasa pembayaran online dan makin banyaknya pengguna internet. Pengguna internet di Indonesia juga terus bertambah dengan maraknya smartphone atau komputer personal portable. Makin banyak orang yang bertransaksi online dengan piranti bergerak (mobile device).

Yang paling anyar adalah penggalangan dana zakat dan sedekah melalui Marimembantu.org. Skema layanan ini tentu saja melibatkan penyedia jasa pembayaran online dan lembaga amil zakat. Lagi-lagi pengguna internet makin dimudahkan, khususnya dalam urusan zakat, infak dan sedekah.

Kreatif dengan amal jariyah kategori pertama

Menurutku bentuk pelayanan seperti ini adalah termasuk kreatif dan perlu terus dikembangkan. Lembaga Zakat Dompet Dhuafa sangat memahami profil pengguna internet di Indonesia dan khususnya para muzaki (pemberi zakat). Oleh karena itu, kampanye dan sosialisasi layanan online seperti ini perlu dilakukan terus menerus. Banyak sekali komunitas di dunia maya yang anggotanya sudah termasuk muzaki.  Dengan layanan ini, maka orang akan gampang mengingat slogan Mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org

Layanan ini tampaknya bakal mendapatkan amal jariyah kategori pertama, karena sifatnya memfasilitasi kebaikan dan ibadah, termasuk orang-orang yang ingin menolong sesama. Sepanjang fasilitas ini digunakan untuk kebaikan, maka pahalanya akan mengalir. Jika dulu mahasiswa banyak berdiri di lampu merah dengan membawa kotak sumbangan, maka layanan ini memiliki kemiripan. Hanya saja layanan ini bekerja secara digital membuka peluang semua orang untuk mengumpulkan sumbangan dengan uang elektronik.

Bagaimana caranya?

Sudah punya akun Facebook atau Twitter? Jika sudah maka, tahap pertama sudah dilewati. Kemudian kita perlu mendaftar di Marimembantu.org dengan menggunakan salah satu akun tersebut, lalu membuat postingan untuk membuka donasi (misalnya untuk pengumpulan dana untuk korban kebakaran di dekat rumahmu). Setelah postingan dibuat, maka sebarkan tautan (link) posting donasi tersebut teman-temanmu. Pengiriman donasi dilakukan melalui iPaymu sebagai layanan pembayaran online (payment processor atau payment gateway).

3 responses to “Begini cara Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org

  1. Pingback: mari membantu indonesia « afzalfarid·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s