Cara efektif blogwalking dan blogcommenting


Salah satu yang paling asyik dari kegiatan online adalah blogwalking. Blogger umumnya tahu manfaat apa yang bisa dipetik dari blogwalking, mulai dari silaturahim dapat ilmu atau bahkan untuk mendapatkan trafik.

Maklumlah, blogger komersil biasanya haus dengan trafik. Trafik memang bukan segalanya, tapi dari trafik yang tinggi bisa menghasilkan uang yang lumayan. Kata laman help google, blog amatir dengan trafik seribu pengunjung dalam sehari termasuk bagus lho. Jadi, mari berkaca pada statistik blog kita ya:)

Balik ke blogwalking dan blogcommenting. Untuk blogwalking, cara paling efektif ada beberapa, misalnya dengan mengunjungi sesama anggota komunitas yang satu tema, misalnya di mybloglog, entrecard atau blogcatalog. Di sana sudah dikelompokkan blog-blog yang satu tema. Tinggal pilih mana yang satu tema dengan link blog yang akan kita tinggalkan jejak. Cara lain lebih efektif, yakni dengan memanfaatkan fasilitas statistik WordPress.com yang memajang daftar 100 blog terbaik, tertinggi visitornya dalam berbagai bahasa. Cari yang paling layak, semakin banyak pengunjung makin tinggi kesempatan terlihat oleh pengunjung lain.

Untuk blogcommenting, beberapa tips di bawah ini termasuk efektif untuk kepentingan trafik dan kompentensi blog kita:

  • Carilah blog yang bagus, setidaknya di mata Google. Kalau perlu di-bookmark sehingga kita bisa dengan mudah berkunjung lagi.
  • PERTAMAX. Meninggalkan komentar pertama di posting paling anyar
  • Tulislah komentar yang bagus, jangan asal onliner seperti “posting yang bagus!”, “layak dicoba” dll. Meninggalkan komen sama seperti terlibat dalam percakapan lho. Jika mau komen di blog tentang global warming, ya kasih komen apa saja yang terkait dunk, misalnya efek global warming atau global warming solution ! Masa kasih komennya tentang cara membuat telor dadar keju:)
  • Bicaralah dengan si-Empunya blog dan pembaca. Kalau perlu, sebut nama-nya!
  • Berikan tambahan yang memperkaya posting tersebut. Si-Empunya blog pasti akan senang

Blogwalking dan blogcommenting sama seperti kita berkunjung dan bercakap-cakap dengan tetangga. Si tuan rumah berhak menilai siapa kita, dan dia berhak menutup pintu atau bahkan memasang penjaga Akismet yang akan membabat komen kita sebelum tayang.

 

8 responses to “Cara efektif blogwalking dan blogcommenting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s