Jenis-jenis blog paling laris


Membuat blog memang gampang. Tapi membuatnya laris dikunjungi oleh ribuan orang, dibaca, dikomentari adalah pekerjaan yang tidak gampang.

Narablog harus pandai  membuat judul yang menarik perhatian, membuat blognya muncul di halaman pertama pencarian, memilih topik yang tepat dan tentu saja berinteraksi dengan narablog lain. Ngeblog itu menyenangkan kalau sudah ketemu caranya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis blog yang bermesin-wordpress, selalu nampang di daftar blog paling ramai beberapa waktu terakhir:

Blog depnaker

Posting paling laris biasanya menyangkut lowongan cpns, BUMN dan pengumuman hasil seleksinya. Puluhan kali posting tersebut menjadi posting nomor wahid di WP. Blog ini benar-benar membantu pemerintah cq dinas tenaga kerja. Moga amal mereka dalam mengurangai pengangguran menjadi keberkahan tersendiri deh:)

Blog analisis politik

Jenis blog ini memberikan nilai tambah dari produk media online, cetak dan bahkan literatur ilmiah. Narablog ini paling sering dimiliki oleh jurnalis dan analis yang punya skill menulis sekaligus investigatif.  Makanya, jangan heran kalo blog ini ramai seiring dengan ramainya dunia politik jagat nusantara.

Blog agama

Produk intelektual seperti buku yang laku sepanjang masa adalah buku agama. Begitupula dengan blog bertema agama, mulai dari masalah konsultasi sampai debat. Lebih ramai kalau ada blog yang suka memuat konten penghinaan atas nama kemerdekaan ekspresi. Wuiih pasti narablog-nya akan dikritik habis-habisan.

Blog “ada-ada saja”

Dunia WP punya beberapa blog yang konsisten menghibur pengunjungnya dengan posting yang lucu, ringan atau dramatis dan sering membuat senyum kita. Paling sering mereka berkomentar,”ada-ada saja”. Blog ini kadang memperkenalkan teknik pluralisme yang multitafsir—maksudnya antara judul dan isi tidak sesuai dengan persepsi umum kebanyakan orang.  Di sinilah serunya!

Blog bikermania

Sulit mengendara motor sambil ngeblog. Tapi pengendara motor yang hobi ngeblog ternyata buanyak dan siapa sangka narablog yang satu ini cukup konsisten dengan niche-nya.

Blog gratisan internet

Barang murah dimana-mana selalu diburu, termasuk antivirus gratis besutan dalam negeri. Makasih buat perusahaan tersebut dan narablog yang dengan cuma-cuma ikut menyebarkan informasi dan link-nya.

Permainan angka

Saya tidak tahu, blog semacam ini ternyata masuk ke list yang dibuat oleh WP. Listnya dibuat atas input jumlah pengunjung-nya. Jadi blog ini memang laris dan bagi yang tidak biasa dan tak pernah berkunjung akan kaget dengan posting-posting dan komentar yang nampang di situ. Apa mereka ngeblog sambil nyepi di bawah pohon beringin atau berendam di air tujuh kembang ya?

Blog korea

Penggemar film seri korea dan selebritisnya. Cukup loyal juga loh!

Blog selebritis

Gosip selebritis dan sejenisnya tidak hanya ramai di Indonesia. Di luar negeri juga ramai.

Hmm..bisa kita amati, kalau media massa itu cermin masyarakat mutakhir, maka kita bisa melihat ternyata masyarakat kita khususnya pemakai internet memburu informasi pekerjaan, informasi hiburan, judul yang agak dramatis (bahkan nyrempet saru) dan yang jelas yang gratis-gratis.

Oia, daftar tersebut saya dapatkan dari liat WP dengan kriteria Blog of The day (BOTD). Maap buat fans berat Blogpost karena tidak ikut terindex.

Pesan sponsor

Btw, sudah pernah berkunjung ke blog Pics of Traveller? Blog ini maunya mengumpulkan foto-foto indah dari berbagai pose dan tempat di seluruh penjuru dunia, dan sampai akhir tahun ini baru dari Indonesia sendiri. Monggo berkunjung:)

33 responses to “Jenis-jenis blog paling laris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s