Internet tidak akan lupa


Posting ini adalah bagian dari email yang kubuat dan kukirim di sebuah milis kampus.

Maksudnya sebagai respon atas diskusi sebuah posting yang telah membuat tidak nyaman anggota milis yang lain. Karena posting milis tidak dimoderasi, maka semua anggota berhak mengirim posting tanpa disensor dan semua anggota juga seharusnya bersiap dengan menerima kejutan–seperti posting yang tidak mengenakkan.

Internet adalah teknologi yang terus berkembang, dan banyak dari kita yang tidak siap menggunakan teknologi tersebut sehingga harus menerima dampak yang tidak terduga sama sekali.

Salah satu prinsip yang perlu diingat sebagai netizen, blogger atau user internet biasa adalah tidak reaktif. Maksudnya, jangan terlalu cepat meluapkan emosi kita dengan memforward, membuat komen terhadap posting tidak lengkap, belum jelas (seperti hoax simpati), berpotensi konflik, dll.

Prinsip yang lain adalah memperhatikan aturan yang ada di forum bersangkutan atau kaidah diskusi yang berlaku. Selain itu, para facebooker juga sebaiknya memperhatikan beberapa tips aman untuk melindunginya dari kejahatan.

Berikut selengkapnya:

..

Banyak orang yang tidak menyadari kalau fungsi internet sudah berkembang dari sarana komunikasi menjadi ke arah ruang dokumentasi, mulai dari artikel, posting komentar, gambar, foto digital dari hp, video sampai rekaman suara pembicaraan.

Prita Mulyasari pada mulanya juga seperti itu. Barangkali ia hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk menulis email keluhannya. Tapi siapa sangka kalau dengan sebuah email ia harus mendekam di penjara, dipisahpaksakan dengan buah hatinya yang masih kecil, dan berurusan dengan pengadilan selama berbulan-bulan- -sampai sekarang.

Di sisi lain…
Internet juga membolehkan bagaimana pesan kebaikan mudah ditransmisikan dengan gampang, cepat dan luar biasa dampaknya. Bayangkan pesan kebaikan,tulisan- tulisan yang menyejukkan, tips hidup sehat, tips keluarga sakinah, tips mendapatkan beasiswa, cara membuat milis dll–dibaca oleh sepuluh orang, di forward ke milis lain yang beranggotakan tiga ribu orang–dan terus menerus dibaca berantai dari waktu ke waktu. Berapa kebaikan yang kita dapat?

Faktanya..
Informasi berkembang dari detik ke detik, dari fakta baru ke fakta yang lebih baru, perkembangan baru dan…berkembang terus. Apakah kita bisa mengikuti semua itu dengan runut, lengkap dan utuh? Apakah kita menyadari mana yang fakta, mana yang opini tas fakta dan mana yang opini atas opini?

Kadangkala, dan sering emosi kita (saya juga) meluap begitu melihat pemberitaan yang emosional. Padahal pemberitaan itu belum komplit, utuh dan masih dicampur opini atas fakta. Ketika besoknya ada perkembangan baru, ada fakta baru terungkap, maka saya jadi malu sendiri atas emosi yang meluap-luap kemarin.

Tips-nya,

  • Gunakan teknologi ini untuk menyebarkan kebaikan dan perasaan positif yang menginspirasi  –bayangkan teknologi ini bisa menambah berat amalan kebaikan kita di akhirat nanti.
  • Internet tidak akan lupa, jadi mari kita masukan hal-hal yang berguna seperti ilmu yang bermanfaat –karena ikatlah ilmu dengan menuliskannya- – tulislah ilmu itu di blog, tweets di twitter, komentar status &  notes di FB dll.
  • Berhati-hatilah dengan sikap reaktif di dunia nyata dan lebih hati-hati di dunia online. Tutur kata, format tulisan yang ke-gedean, capslock- adalah cerminan akhlak kita juga. Bagaimana rasanya kalau suatu saat anak-anak kita menemukan email seperti itu dan lalu menirunya?

Wassalam,

2 responses to “Internet tidak akan lupa

  1. selamat pagi.

    main internet memang butuh pemikiran panjang dan kebijaksanaan,
    kalau nggak bisa beresiko, entah kecil atau besar resikonya.

    terima kasih dan mohon maaf😮

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s