Quick count dan kredibilitas lembaga survei


survay saysSetelah LRI mempublikasikan hasil survei beberapa waktu lalu, maka hari ini ada publikasi survei pula di Media Indonesia. Survei ini dibuat oleh Indonesia Development Monitoring (IDM) dengan dua pesan besar:  (1) Pasangan Mega-Pro memiliki tingkat elektabilitas paling tinggi dan (2) Pilpres diperkirakan akan berlangsung dua putaran

Publikasi lembaga ini bukan dalam bentuk berita, tapi iklan setengah halaman dan berwarna. Barangkali ini bentuk lain untuk kampanye di masa tenang dengan kemasan yang sopan dan ilmiah. Saya tidak yakin  publikasi demikian bisa membantu mengubah persepsi masyarakat, terutama pembaca Media Indonesia atau surat kabar lain.

Suka atau tidak, hasil survei ini gampang dibandingkan dan dinilai dengan survei lain yang kerap muncul di televisi, media online dan lembaga survei lain. Kalau hasilnya berbeda sangat jauh dengan hasil survei yang lain, maka publik akan bertanya-tanya.

Oia, sehari sebelumnya, Jakarta Post juga membuat berita dirilisnya survei IDM ini. Tidak ada yang khusus, JP malah menekankan JK-Win yang mendapat keuntungan dari debat capres terakhir.

Sebuah blog pada akhir Juni pernah memuat berita juga tentang IDM dan hasil surveinya. Di dalamnya ada komentar dari pengamat politik Fajroel Rakhman terkait dengan pertanyaan yang digunakan oleh IDM dalam surveinya. Katanya:

However, we should take note that IDM’s questions do have the tendency to guide the respondents to a certain candidate, Megawati,

Kalau LRI seperti di pihak JK-Win, dan IDM ada di sisi Mega Pro, maka LSI ada di pihak SBY-Boediono. Nah kalau sudah begini, sebenarnya masyarakat tinggal menunggu hasil quick count dari ketiga lembaga tersebut. Mari buktikan kredibilitas mereka masing-masing, apakah sesuai dengan hasil pilpres atau sebaliknya. Btw, blogger top Shodiq Mustika mencoba mengakumulasi update hasil quick count Pilpres 2009 ini.

Dugaanku, lembaga survei yang metodologinya lemah tidak akan berani membuat atau mempublikasikan hasil quick count mereka. Jika bukan masalah metodologi, bisa jadi mereka tidak punya cukup sumberdaya untuk membuat survei dan quick count yang kredibel untuk masyarakat.  Mereka hanya bisa membuat yang kredibel sesuai dengan pesanan pemberi order.

Mari kita lihat hasilnya besok!🙂

8 responses to “Quick count dan kredibilitas lembaga survei

  1. Makasih, udah nge-link ke blogku. Malah daku disebut “blogger top” pula; waduh, jadi besar nih kepalaku.
    Okelah, kita tunggu hasilnya besok. Mudah-mudahan hasilnya berimbang di antara ketiga kontestan, supaya tidak ada yang besar kepala kayak diriku ini. Hehehe…

    • Blog-nya mas shodiq itu nangkring terus loh di Wordpres.com Top Blogs, khususnya yang berbahasa Indonesia. Posting-nya juga sering masuk di tiga besar WordPress.com Tops Posts dengan kategori yang sama.

  2. hari ini rakyat memilih, dan ini nanti menjadi referensi survey yg paling nyata. kita buktikan lembaga survey mana yg mempunyai kredibiltas bagi bagus…

  3. Ada ada saja Indonesia ini ya Pak…Apaaaa saja bisa di beli…heran….yg penting ‘menang’…?

    Yang valid ya pas pemilu saja lah…thak usah quick count segala….gitu aja koq repot…he…he…he…

  4. PERTAMA-TAMA SAYA PRIBADI BESERTA KELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS TERPILIHNYA KEMBALI SUSILO BAMBANG YUDHOYONO SEBAGAI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA DAN TERPILIHNYA BUDIONO SEBAGAI WAKIL PRESIEN REPUBLIK INDONESIA MASING-MASING UNTUK MASA BHAKTI TAHUN 2009 SAMPAI DENGAN TAHUN 2014. SAYA PRIBADI BESERTA KELUARGA BERDOA ; INSYA ALLAH BAPAK SUSILO BAMBANG YUDHOYONO DAN BAPAK BUDIONO DIBERI KESEHATAN, DAN KEKUATAN LAHIR-BATHIN UNTUK MENJALANKAN TUGAS YANG DIAMANAHKAN OLEH RAKYAT. AMIEN.

    SEBALIKNYA SAYA PRIBADI BERDOA BAGI JUSUF KALLA & WIRANTO SERTA MEGAWATI & PRABOWO UNTUK DAPAT LEGOWO MENERIMA KEKALAHANNYA SEHINGGA TIDAK TERPILIH MASING-MASING MENJADI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN..

    JIKA JUSUF KALLA & WIRANTO DAN ATAUPUN MEGA & PRABOWO KECEWA DAN INGIN MENGHIBUR DIRI DATANGLAH KEPADA SAYA, DAN SAYA AKAN MENEMPELENG MEREKA SATU PERSATU. HHUAHAHA.. HAHA..!! RASAIN LUH..!! MAMPUS LUH..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s