Jogja – Bogor naik apa? (2)


Tugu Reflection
Image by rianawi via Flickr

Menyambung posting dulu yang mirip, ada referensi buat kamu yang pengin travel ke Jogja dari Bogor atau sebaliknya. Selain kereta, pesawa,travel seperti Diana atau bis Mulyo Indah, ternyata ada dua lagi rute bis malam yang punya tarif lebih murah.

Bis Maju Lancar (ML). Bis ini sangat populer bagi warga Gunung Kidul. Ketika saya mencobanya beberapa waktu lalu, ternyata sebagian besar penumpangnya adalah warga sana. Jangan heran kalo suasana keberangkatan sangat njawani –lagu yang diputar, penumpang dan kru bis menggunakan bahasa yang serupa. Di Bogor, poolnya ada di sebelah Hypermat Kedung Halang, jalan baru. Di depannya adalah underpass, jadi tidak perlu memutar dulu kalo datangnya dari arah Yasmin/Parung. Bis ML yang ke Jogja hanya ada kelas AC seharga 120 ribu rupiah (Mei 2009). Agen di pool bisa ditemui sambil makan pecel lele atau bisa ditelpon (Pak Naryo: 0813-9966-8678). Sangat ramah.

Karena berangkat dari pool, maka penumpang yang naik dari sini harus bersiap sekitar pukul 12 siang. Bis-nya kemudian menuju ke arah Cibinong dan mampir di beberapa agen di sepanjang jalan. Tidak ada kupon makan gratis untuk kelas ini, jadi siap-siap saja bawa snack atau bawa cash untuk makan malam.

Sampai di Jogja/Terminal Giwangan sebelum subuh. Kata kru ML, mereka menyediakan mobil antaran kalau ada penumpang yang turun di kantor pusat mereka.

Kantor pusat ML ada di Wonosari GK (0274-391223, 7015889)

Bis Ramayana. Di Bogor poolnya ada di Sukasari dan Tajur. Ramayana punya kelas VIP dan eksekutif  untuk rute ini, masing-masing harganya 125 ribu rupiah dan 165 ribu rupiah (dari Jogja/Jombor, Mei 2009). Ramayana eksekutif penumpangnya hanya 27 orang, jadi lumayan lega karena jarak antar kursinya lebar dan ada papan tambahan supaya kaki bisa selonjor. Bis kelas eksekutif ini tampaknya pesaing berat dari rute dan kelas yang sama bis Mulyo Indah. Bulan Januari 2009, Mulyo Indah menjual tiketnya dengan harga 170-180 ribu rupiah, tanpa kupon tiket makan dan hanya snack. Sementara penumpang Ramayana eksekutif mendapatkan makan malam dan snack. Bis Mulyo Indah juga tampak lebih tua daripada Ramayana yang bodi-nya dicat dengan warna cerah.

Dari Jogja, Ramayana biasanya lewat jalur utara dan transit di RM Gerbang Elok, Batang.

Kantor pusat Ramayana ada di Muntilan (0293-587192), agen Bogor (021-8721333, 8673588, 92866918 atau 0818-863-500)

Reblog this post [with Zemanta]

5 responses to “Jogja – Bogor naik apa? (2)

  1. Pingback: Cari hotel murah di Jogja « iip albanjary's note·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s