8 tips ber-facebook dengan aman


facebook

Ada jutaan pengguna facebook di dunia sampai hari ini, sehingga makin banyak pula orang yang khawatir tentang dampak perkembangan teknologi social media tersebut. Orang tua khawatir dengan perkembangan psikologi anak-anak mereka, para politisi juga terancam dengan kampanye negatif yang ramai di Facebook. Tak terkecuali para ulama yang tidak rela kemaksiatan makin gampang melalui jejaring sosial ini.

Nah, tips ini melengkapi posting tentang hal yang semestinya tidak dilakukan oleh user facebook:

  1. Jangan ungkap tanggal kelahiran, nama hewan kesayangan atau nama ibu kandung kita. Sebagian besar orang menggunakan informasi itu untuk keperluan finansial dengan provider keuangan.
  2. Jangan ungkap nama bank dan nomor rekening kita.  Terkait dengan kejahatan keuangan, ini akan meningkatkan keamanan jika tips pertama juga dilakukan
  3. Berhati-hati dengan nomor ponsel pribadi. Para penipu sering menggunakan nomor ponsel untuk menghubungi calon korbannya dan kadangkala memberikan informasi bohon tentang anggota keluarga kita, lalu korban diminta untuk mentransfer uang.
  4. Facebook menyediakan berbagai fasilitas yang tidak cocok untuk anak-anak. Kebencian dan kebohongan dengan mudah disebarkan bila tidak ada yang mengkoreksi. Makanya, dampingi anak-anak kita ketika bermain facebook, berikan penjelasan kepada mereka.
  5. Berhati-hatilah jika memposting foto atau komentar yang terkait dengan pekerjaan atau kantor tempat Anda bekerja. Sudah ada kasus karyawan yang diberhentikan karena memposting komentar tidak simpatik terhadap keluhan pelanggan. Ada juga tentara yang dipecat karena memasang foto yang bisa membahayakan keamanan Negara
  6. Reputasi. Komentar, artikel atau foto apapun yang kita upload di social media atau internet secara umum memperlihatkan bagaimana reputasi kita sebenarnya. Apa yang kita  posting adalah gambaran kita, dan orang lain bisa mendapatkannya atau trace back  dengan berbagai cara. Bahkan mungkin tulisan kita yang bertahun-tahun silam, akan bisa ditemukan di jaringan internet.
  7. Jangan melakukan tagging sekenanya, apalagi terhadap teman anda yang tidak begitu dekat dan atau terkait. Tagging sembarangan membuat teman anda kerepotan bahkan membuang waktu mereka.
  8. Phising. Salah satu cara virus menyebarkan diri adalah melalui link jebakan yang menarik perhatian. Misalnya link untuk free download, gambar menarik atau aneh atau bahkan kejutan lotere dari luar negeri. Jangan sembarangan membuka link dari orang yang tidak kita kenal atau link dari situs yang tidak populer.
Reblog this post [with Zemanta]

4 responses to “8 tips ber-facebook dengan aman

  1. good…
    ada lagi ga tips amannya ?

    jika kita ingin tetap menggunakan facebook tetapi tidak terkena dampak negatif yang sangat membahayakan kita semua……

  2. Pingback: Apa kata Google tentang Indonesia? « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s