Hoax Teh Botol Sosro:Detikcom tidak profesional?


Detikcom Tidak ProfesionalDetikcom menayangkan berita tentang hoax teh botol sosro selama berhari-hari di space yang sama. Sayangnya, Detikcom tidak memberitahukan pembaca apakah berita tersebut sengaja dibuat sticky karena alasan sangat-sangat penting ataukah karena pesanan sponsor.

Sesuai tanggal yang terlihat, berita itu dimuat hari Senin (11/5/2009) jam 13.35 atau tiga hari setelah Hariadhi memuat kronologis hoax teh botol sosro dihydrogen monoksida (DHMO) tersebut.

Saya sebut berita karena format penyajian seperti laiknya berita Detikcom yang lain. Baik warna, font judul maupun isi dan bahkan penempatannya berada di rubrik detikInet.

Kalau berita itu sengaja dipesan sponsor, maka sebaiknya Detikcom jujur saja.

Bagi saya definisi profesional adalah mampu membedakan mana yang berita mana yang iklan dan memberitahukan dengan cara tertentu kepada pembacanya. Apa susahnya¬† sih menempatkan kata ‘Advertorial‘ di salah satu sudut–atau membuat background berbeda.

Gimana neh Detikcom?

3 responses to “Hoax Teh Botol Sosro:Detikcom tidak profesional?

  1. Pingback: Teh botol Sosor, berbahayakah ? | ADAbisnis.com·

  2. Pingback: MediaOnlineCeroboh#1: Republika 4 April 2011 « iip albanjary's note·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s