Kompetensi bermasa depan cerah di bidang kehutanan


Tak sengaja menemukan laporan UNEP tentang Green Jobs di sini, saya jadi teringat dengan diskusi Forestgam mengenai profesi kehutanan beberapa waktu lalu. Asosiasi profesi rimbawan memang selayaknya dapat berfungsi dengan baik, lebih-lebih trend pembangunan rendah karbon mulai ramai dan oleh karenanya pastilah membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas.

Termasuk rimbawan. Beberapa berita memberitahukan kalau peminat jurusan kehutanan makin sedikit. Sementara para lulusan kehutanan juga tidak sedikit yang bekerja di luar bidang keahliannya. Saya menduga, pengetahuan profesi yang terkait dengan perubahan iklim –yang di dalamnya ada rimbawan—tidak terakomodasi dengan baik.

Dengan melihat trend global, area beberapa kompetensi di bawah ini sepertinya akan banyak dicari di pasar tenaga kerja, di-iklankan di kompas hari sabtu atau beredar di milis-milis kampus:

  1. Biodiversity. Hutan adalah rumah paling penting bagi kehati. Sekarang, tidak hanya NGO saja yang melakukan perlindungan biodiversity. Beberapa perusahaan swasta secara normative juga menggunakan program CSR-nya untuk melindungi kehati. Pakar biodiversity dengan spesialisasi fauna langka dan tumbuhan yang bernilai ekonomi tinggi, untuk medis atau bioenergy akan banyak dicari.
  2. Fasilitasi. Banyak orang bilang kegiatan fasilitasi di masyarakat selalu dikaitkan dengan NGO. Sering lihat iklan untuk pemberdayaan masyarakat local di hutan sumatera? Nah padahal, program-program yang terkait dengan perdagangan karbon juga membutuhkan orang-orang yang bisa berkomunikasi dengan masyarakat kecil, petani yang mengelola hutan. Mereka pandai menyampaikan pesan dan memahami posisi peraturan local dan trend global
  3. Ahli hidrologi. Air adalah salah satu jasa lingkungan dari hutan yang saat ini paling banyak dipelajari dan literature-nya terus berkembang. Banjir dan hutan, pasti selalu menjadi perhatian kita setiap musim penghujan. Mereka akan menyalahkan rimbawan karena tidak becus mengelola hutan. Siapa yang bisa menjelaskan dengan argumen ilmiah yang proposional terhadap peristiwa ini? Oia, program-program reward jasa lingkungan dari hutan sudah terwujud di beberapa tempat. Program ini bisa berjalan karena ada support pengetahuan hidrologi yang mantap.
  4. Karbon. Siapa yang paling tahu mengukur volume kayu sebuah pohon? Dan siapa yang paling tahu sifat fisologis pohon? Pengukuran karbon baik below atau above ground menjadi salah satu kemampuan teknis yang dibutuhkan dalam program jasa lingkungan atau perdagangan karbon. Oia, sekarang sudah banyak perusahaan broker karbon di Jakarta. Siapa tahu ada yang tertarik.
  5. Forest manager: Sertifikasi, aforestasi dan rehabilitasi. Manajer hutan sekarang harus bisa menangani pembangunan hutan untuk program rehabilitasi dan aforestasi. Termasuk yang terkait dengan sertifikasi. Pengelolaan hutan yang berkelanjutan akan terus menjadi isu penting seiring dengan program-program anti-deforestasi yang makin marak. Sayang kalo rimbawan melupakan kompetensi ini.

Ada pendapat lain? Siapa tahu pendapat Anda bisa bermanfaat bagi mereka yang belum mempunyai pilihan.

5 responses to “Kompetensi bermasa depan cerah di bidang kehutanan

  1. Bagus..untuk informasi banyak tenaga ahli yang perlu disalurkan padahal “bumi” membutuhkan ketrampilannya ** kadang pemerintah tidak sadar, ya..” Btw, thank u for adding me via blogcatalog.. Lam kenal…

  2. yang jadi masalah saat ini program di sektor kehutanan sangat politis sekali dan tidak menyentuh akar permasalahannya. Semua gerakan hanya matang di tingkat konsep tanpa ada realita untuk menghadap kerusakan hutan yang terus menerus terjadi sampai hutan punah

    • politisasi selalu ada di semua sektor dan selalu ada yang menginginkan, sengaja atau tidak. Saya rasa masih banyak rimbawan nusantara yang teguh dan punya komitmen menjaga hutan yang tersisa. Mereka bekerja dengan caranya masing-masing.

  3. Im glad I located this blog, I couldnt locate any information on this matter prior to. Also run a site and if you wish to ever serious in doing some visitor writing for me you should feel free to let me know, i’m always look for people to check out my weblog. Please stop by and leave a comment sometime!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s