Kampanye capres di internet


Maturnuwun buat Bocahbancar yang jeli menggandeng informasi dari internet dengan saluran informasi lain.

Saya udah pernah lihat di TV kalo ada deklrasi capres seorang tokoh yang masih ada hubungan darah dengan Jend Soedirman. Deklarasi yang diadakan Jogja itu–tidak begitu jauhu dari tempat Sultan mendeklarasikan capres juga– tentu saja ikut meramaikan panggung politik 2009. Sebelumnya saya yakin banyak orang yang kurang mengenal beliau.


Beberapa waktu berikutnya, ternyata ada semacam kontes blog di dunia maya yang dengan tema yang menarik, jauh dari kesan publisitas kampanye seorang capres atau iklan politik. Lomba tersebut mendorong orang untuk berfikir kreatif dan positif, sekaligus mempopulerkan sebuah nama, dan secara teknis juga meningkatkan link popularity sebuah situs.

Baiklah, saya acungi jempol buat beliau yang membuat langkah inovatif. Sementara capres yang lain masih mengandalkan jejaring sosial seperti yang dilakukan oleh beberapa capres berikut ini di Facebook:

Maaf, saya belum sempat menambahkan yang lain. Silahkan tambahi capres lain yang sudah well-known, siapa tahu cara ini bisa efektif seperti yang dilakukan oleh Barack Obama.

Tulisan terkait:

Reblog this post [with Zemanta]

3 responses to “Kampanye capres di internet

    • yup. barangkali ada strategi ‘banjir informasi’ untuk menyampaikan pesan kampanye. Prinsipnya, dimanapun, kapanpun dan dengan cara apapun masyarakat akan digampangkan untuk bertemu dengan pesan kampanye, termasuk via fb.

  1. Pingback: A recap of feb article: Cigarette « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s