Masjid Paran Julu


masjid-paranjuluMasjid ini punya warna kontras dengan lingkungan sekitarnya: Biru. Terletak di desa Paran Julu, Sipirok, sebagian warga desa ini mengandalkan aren sebagai salah satu pendapatan utama keluarga mereka.  Sekitar 5 menit dari permukiman desa ada hamparan sawah subur yang tak pernah kering. Di belakangnya hamparan tersebut ada beberapa bukit yang banyak tumbuh aren secara mengelompok.

Ada paragat (petani aren) yang memerlukan waktu dari 30 menit sampai satu jam untuk menuju kebun aren mereka. Jalannya berliku, menanjak. Ketika berbalik, kita akan melihat hamparan dengan latar belakang permukiman desa Paran Julu.  Kubah biru masjid Paran Julu itu tetap terlihat menonjol.

6 responses to “Masjid Paran Julu

    • Di majalah Garuda memang ada foto gereja pak. Kebetulan di desa ini kami tidak melihatnya. Mungkin gereja itu ada di kecamatan Arse, yang bersebelahan dengan Sipirok.

      ^_^

  1. Gereja dimaksud ada di Bagas Godang Sipirok,
    gerja dimaksud berdekatan mesjid paling besar disipirok memang tidak bersebelahan persih jaran 100 – 200 Meter, memang kerukunan antar umat beragama di daerah sipirok dapat menjadi contoh dan dapat dijadikan panutan.

  2. Masyarakat desa paran julu sangat bangga dengan keberadaan mesjid yang cukup megah berdiri ditengah perkampungan dimana dilihat penghidupan masyarakatnya cukup sederhana, hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat desa paran julu sangat kuat dengan agama islamnya.

  3. apakah masyarakat rela memberikan pambebasan lahan untuk pembangunan jalan tanpa ganti rugi…hal ini disebabkan turunnya anggaran dekonsentrasi sarat utama adalah pembebasan lahan..
    sementara waktu masyarakat sekitarnya menggalang ke gotong royongan untuk memelihara area yang menurut kami juga sangat indah itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s