Cara baru seminar (lebih) interaktif


Ada cara baru supaya seminar menjadi lebih interaktif. Cara ini dipakai berdasarkan fakta yang sederhana, bahwa semua orang sudah memiliki handphone dan handphone bisa dimanfaatkan sebagai microphone. Jadi, gunakan saja handphone supaya audiens bisa berinteraksi, misalnya dengan mengirim sms komentar atau pertanyaan.

Panitia tinggal menyiapkan sms-center dan peralatan untuk menampilkan sms secara langsung melalui layar. Dengan begitu, audiens bisa langsung melihat sms-nya terbaca oleh narasumber. Lalu, narasumber bisa memberikan tanggapannya.

Cara ini pernah dipakai oleh ICRAF ketika mengadakan seminar dalam rangka ulangtahunnya ke-15, hari Selasa [26/08/2008] lalu di IPB International Convention Centre. Panitia saat itu benar-benar memastikan supaya audiens mengetahui nomor yang digunakan untuk berinteraksi. Selain menempelkan pesan no-sms di seminar kit, MC juga beberapakali mengingatkan dan memperlihatkan nomor di layar.

Cara ini ternyata cukup menyenangkan. Terlebih banyak audiens atau kita-kita yang enggan menyambangi mik hanya untuk berkomentar atau bertanya. Apalagi kalau seminar menggunakan bahasa inggris.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s