Cara Mencari Anggota OT


Ini benar, OT yang dimaksud bukan kumpulan penggemar anggur cap OT. Tapi yang dimaksud di sini adalah anggota Organisasi Terlarang (OT).

Hmm..sudah lama sekali ya tidak pernah mendengar istilah OT. Adakah yang punya kliping berita-berita seputar intelejen antara tahun 1980-1990-an? Barangkali kita bisa menemukan istilah tersebut. Tapi, siapakah anggota-anggota OT? Apakah hanya eks anggota PKI?

Saya tidak tahu apakah Negara masih memberikan tanda khusus kepada mereka yang pernah terlibat. Kabarnya dulu sih begitu, ada tanda khusus di KTP mereka. Dulu, kitapun pernah mendengar tentang litsus, pemeriksaan untuk melihat apakah ada anggota keluarga kita yang pernah terlibat kegiatan subversive atau tidak. Sekarang? Wallahu’alam.

Namun saya baru menemukan, ternyata Negara masih mencatat orang-orang yang pernah terlibat sebagai anggota OT. Saya menemukannya di dokumen Monografi Kecamatan, dari sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, tahun 2007. Di dalam buku tersebut, di bagian Kesatuan Bangsa, tercatat jumlah anggota OT yang masih hidup! Selain anggotan OT dan OT1 (yang ini benar-benar asing bagi saya) ternyata ada catatan jumlah eks tahanan/narapidana G30S/PKI. Memang sih, yang tercatat hanya jumlah-nya saja. Tapi kalau ada jumlah, pasti ada daftar bukan?

Ah, begitu nasib jadi anggota OT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s