Debat Partai: PAN Vs Partai Demokrat


Semalam PAN dan Partai Demokrat (PD) berlaga di Debat Partai, salah satu acara di TVOne. Acara ini benar-benar menarik karena menyuguhkan performa tokoh partai dan penampilan para pendukungnya. Cocok untuk calon pemilih yang belum menentukan pilihannya untuk Pemilu 2009.

Sebagai penonton, perhatian saya tersedot bagaimana tokoh dua partai itu memberikan argument dan mempertahankannya. Semalam, Anas Urbaningrum dengan pembawaan tenangnya seperti membuat lawannya terus berfikir. Anas tidak emosional, bahkan cenderung menghargai pernyataan dari PAN. Tapi sesekali, Anas juga mementahkan dengan halus komentar salah seorang dari pendukung PAN, misalnya tentang kemampuan seorang pemimpin yang harus 3M.

Acara debat partai tidak lebih dari pencitraan. Bukan tentang wacana yang diperdebatkan, bukan pula hanya tentang perang istilah (kalau bukan retorika) para jurkam. Partai Anda memberikan jawaban ilmiah, tapi pembawaan tidak meyakinkan –maka nilainya sama ketika pembawaan meyakinkan meski argumennya apa adanya. Meski begitu, para kader partai akan tetap mendukung argument partainya, apapun kondisinya.

Begitulah salah satu cara kerja politik.

14 responses to “Debat Partai: PAN Vs Partai Demokrat

  1. TUMPAS KORUPSI …SAMPAI AKAR2NYA DARI SEGALA PENJURU SAPAI PELOSOK NEGERI
    TEGAKKAN HUKUM SETEGAK-TEGAKNYA.SBY BEST OFF THE BEST
    TEGAS , BERWIBAWA , SANTUN , BIJAKSANA

  2. Kalau boleh usul, tunjukkan komitmen Partai Demokrat dalam pengendalian global warming melalui kampanye ramah lingkungan misal tanpa /minimal kendaraan bermotor saat berkampanye. Kalau mau gitu, PArtai Demokrat OK banget deh ! Semoga sebagian besar rakyat Indonesia tidak salah pilih. Pak SBY presiden terbaik !

  3. untuk bapak ketua yg terhormat tolong bukitan janji2 bapak yg mengenai pendidikan murah itu.krn kenyataan nya di lapangan sekolah2 biaya nya sangat amat mahal .apalagi sekola muhammadiaya mulai dari SD sampai SMU biaya masuk nya mencapai jutaan txs MAJU TERUS PAN PANTANG MUNDUR…………………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s