Calo Terminal Kampung Rambutan


Sudah pernah naik bis dari Terminal Kampung Rambutan? Kalau belum, jangan percaya dengan berita ini, yang menyebutkan kalo tidak ada calo di terminal tersebut. Sebaliknya, calo di terminal ini lebih banyak dari terminal lain. Setidaknya terminal Baranangsiang (halah, referensinya cuma terminal di Bogor)

Hari Jumat pekan lalu [1/08/2008] calo itu makan korban. Ketika ada calon penumpang yang baru masuk, mereka sudah menanyakan tujuan perjalanan mereka. Kalau Anda lewat di depan deretan loket agen-agen bis, sepertinya Anda tidak bisa mengelak dari mereka. Tak jarang mereka memaksakan diri, entah bagaimanapun caranya, kemanapun arah tujuan kita, mereka akan memaksa kita membeli tiket dari agen mereka.

Sudah begitu, mereka mematok dengan harga tinggi pula. Saya ketemu dengan seorang pasangan kakek-nenek yang hendak ke Wates, Kulon Progo. Mereka minta naik bis Handoyo, si calo mengiyakan. Eh, ketika jam-nya berangkat, mereka malah dinaikkan di bis Sri Mulyo. Mulanya mereka tidak diberitahu arah bis tersebut. Setelah mereka naik dan bis berangkat, mereka baru sadar kalo bis tersebut ternyata mengarah ke Solo/Madiun lewat jalur Utara. Jadi sangat tidak mungkin lewat Wates.

Belum sampai masuk tol Cikampek, para penumpang bis Sri Mulyo tersebut ternyata di-oper. Sekarang mereka harus naik bis Reza. Bis Reza, yang tampaknya satu grup dengan bis Handoyo, ternyata berjalan sangat lambat. Sekitar jam 7 pagi, bis tersebut baru sampai Batang.

Kedua orang tua tersebut akhirnya turun di Bawen. Mereka melanjutkan perjalanan dengan bis lain dengan ongkos tambahan pula.

Hiks, pengalaman tersebut membuatku membuat catatan ini.

1. Jangan pernah naik bis dari Terminal Kampung Rambutan dengan bantuan calo. Jangan pernah percaya pada orang-orang yang berada di loket agen-agen bis di sana. Menipu dan merugikan orang lain. Kadang-kadang saya kasihan dengan mereka yang bekerja dengan cara seperti itu.

2. Lebih baik berangkatlah dari pool bis tersebut, atau agen resminya. Beberapa agen yang berlokasi di terminal biasanya mengutip fee lebih tinggi dari agen resmi.

3. Saya memberikan nilai merah untuk manajemen bis Sri Mulyo, Handoyo dan Reza. Tobat naik bis dengan merek itu lagi.

9 responses to “Calo Terminal Kampung Rambutan

  1. GANTI AJAH TUH KEPALA TERMINAL KAMPUNG RAMBUTAN KALAU GAK BISA BERANTAS CALO !!!!! EMANGNYA KALAU UDAH ADA LOKET TIKET MESTI HARUS PAKAI CALO. BANYAKAN LOKET2 ITU MEMERAS HARGA GAK SESUAI DAN BUS NYA DIOPER2 …… LAMA2 TERMINAL KP. RAMBUTAN TIDAK ADA BUS MAUPUN PENUMPANG YG MAU MASUK SANA. TINGGALAH KEPALA TERMINAL TERMENUNG SENDIRI

  2. Hohoho….saya juga pernah mengalami, kalau saya di pindah ke bus DAHLIA INDAH jurusan blitar, padahal saya mau ke JOGJA….., apalagi busnya AC ekonomi yang tempat duduknya 2-3….ckckckck….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s