Panacea di forum lobby biofuel


Ini catatanku dari seminar tentang food, fuel dan forest, hari Senin lalu di Bogor. Seminar ini diadakan oleh sebuah organisasi riset dan advokasi pangan, yang fokus kegiatannya di sekitar perdagangan produk pertanian. Anggota organisasi ini berasal dari perwakilan pemerintah, kebanyakan Eropa, universitas dan perusahan multinasional seperti Unilever.

Saya baru mendengar organisasi ini. Kupikir dia seperti organisasi sayap dari WTO. Di Indonesia, organisasi ini ternyata cukup berpengaruh. Buktinya, jamuan makan siang disambut oleh Menteri Perdagangan RI, dan sambutan makan malam oleh Menteri BUMN. Acara seminarnya sendiri disponsori oleh Kementrian Perdagangan Belanda, Bulog dan sebuah anak perusahaan ASTRA.

Perhatian narasumber dan audiens pada seminar ini berputar pada beberapa hal saja. Dua menurutku yang penting adalah kenaikan harga pangan dan perkembangan biofuel. Di antara dua hal itu, tentu saja menyinggung tentang kemiskinan, deforestasi dan aspek keberlanjutan.

Acara ini laiknya forum multipihak untuk berbagi, yang tidak bisa memutuskan. Mereka yang percaya pada cara-cara dialog dalam mencapai tujuannya mungkin akan percaya kalau forum ini bermanfaat. Sebagian partisipan yang lain datang karena informasi dan data terbaru menyangkut situasi dunia terkini.

Tapi ada komentar yang menarik juga. Forum seperti ini sebenarnya hanya salah satu bagian dari proses lain yang lebih besar. Mereka menyebutnya lobby, karena Indonesia sudah jelas memiliki sumberdaya untuk menghasilkan produk biofuel yang potensial, sementara eropa adalah pihak yang paling membutuhkan produk tersebut.

Sisi baiknya, forum ini juga mengingatkan bagaimana bahaya ekspansi biofuel yang berlebihan. Misalnya masalah pemiskinan, deforestasi dan perubahan iklim. Penelitian-penelitian sudah membuktikan kalau biofuel bukan panacea untuk bumi yang makin panas.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s