Satu Email Banyak Milis


Ini salah satu trik dari penggemar milis supaya efisien. Para penggemar milis biasanya mengikuti milis lebih dari satu atau lebih dari 10 sekaligus, dalam satu waktu. Jadi jangan heran kalau dalam satu minggu, ada yang mendapatkan email lebih dari 100. Bagaimana kita akan membacanya semua?

Trik yang dipakai milister jaman dulu adalah dengan membuat account email untuk menampung milis tertentu. Milis temen angkatan di yahoo, milis alumni SMA di gmail. Atau milis games di yahoo 1, dan milis hobi fotografi di yahoo 2. Sedemikian banyak account, kadang sampai lupa username dan password-nya. Repot kan?

Sekarang, yahoo dan gmail sudah memberikan storage yang luar biasa banyaknya. Tidak hanya 2 MB seperti pada beberapa tahun lalu, tapi sudah lebih 4 GB dan bahkan terus bertambah. Nah, daripada menggunakan beberapa account email sekaligus, sekarang banyak orang yang lebih suka memafaatkan fungsi filter dan folder atau label. Intinya, tiap posting dari milis akan difilter/diberi label dan lalu dimasukan ke folder tertentu (misalnya pada yahoo). Cara seperti ini.

Pada yahoo, bikin folder dan buka fasilitas filter yang ada di Options (liat layar yahoo di pojok kanan atas). Kita bisa membuat filter sampai 15, dan membuat foldernya sekaligus. Setiap milis yang kita ikuti, filter saja by subject, karena setiap milis pada subject memuat tag khusus di subject (eg. pada milis beasiswa, di tiap postingnya ada [beasiswa] pada subject.

Dengan fasilitas ini, kita bisa ikut milis sampai 15 biji dan tidak akan kesulitan membacanya. Karena tiap posting milis kita tempatkan pada folder yang berbeda.

Pada Gmail, kita tidak perlu membuat folder. Filter pada gmail berfungsi untuk menyortir email dan memberikan label sesuai dengan yang kita inginkan. Di gmail ada pilihan untuk menampilkan email sesuai dengan label. Dengan gmail, jumlah milis yang kita ikuti bisa makin banyak.

OK, selamat bermilis ria!

2 responses to “Satu Email Banyak Milis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s