Milis-milis kehutanan makin ramai


Akhir pekan kemarin, iseng-iseng kuperiksa halaman-halaman di yahoogroups yang memuat informasi milis kehutanan berbahasa Indonesia. Ada lima milis yang kuperiksa, tiga diantaranya dari tiga kampus yang memiliki program studi kehutanan, seperti UGM, IPB dan Unmul. Dua milis lain adalah milis jaringan rimbawan interaktif dan forum komunikasi kehutanan masyarakat.

Oia, semua milis tersebut anggotanya berkisar dari 120-an sampai 800an per 25 April 2008 kemarin. Dan semua halaman milis tersebut masuk ke dalam domain public.

Apa yang saya temukan? Rata-rata posting pada tahun 2007 ternyata lebih tinggi sekitar 48% dari tahun sebelumnya. Bahkan pada triwulan pertama 2008, jumlahnya meningkat sekitar 117% dibanding tahun 2006. Peningkatan ini barangkali terkait dengan even internasional COP-13 di Bali akhir tahun kemarin. Juga ada Forestry Week di Hanoi akhir minggu kemarin, dan mungkin pula banyak orang yang membicarakan rekrutmen pegawai, baik Dephut maupun Perhutani. Atau Anda punya pendapat lain?

Makin banyak orang membicarakan hutan?

9 responses to “Milis-milis kehutanan makin ramai

  1. Salam Kenal ,,,,
    Saya sarjana kehutanan pengen gabung dg milis ini, mudah2an isu2 seputar dunia kehutanan dapat saya dapatkan,,,
    thanks

  2. asslamu’alaikum
    saya sekarang masih menjadi mahasiswa jurusan teknologi hasil hutan fakultas kehutanan ugm. besar harapan saya untuk diizinkan gabung di milis ini, agar informasi terbaru seputar dunia kehutanan dapat saya dapatkan dengan cepat dan akurat. termikasih

  3. Salam kenal….
    Saya sarjana kehutanan ingin bergabung dengan milis ini,
    semoga isu2 dan nformasi sekitar dunia kehutanan dapat
    saya peroleh disini.
    Terima kasih

  4. saLam kenaL….

    Saya fRiska,masih mahasiswi kehutanan,pRodi:manajemen hutan Universitas Sumater Utara ingin masuk jD anggota dR miLis ini.Dengan sebesar2na saya minta izin untk jD anggota.Dengan tujuan:saya ingin mengetahui informasi2 penting saat ini ..

  5. ass…saya mahasiswa manajemen kehutanan IPB ingin bergabung di milis ini dengan harapan mendapatkan isu-isu kehutanan saat ini dan bisa untuk bahan diskusi yang menarik.

    Trima kasih…

    • Using Google Chrome 8.0.552.224 on Windows XPselamat tahun baru uthie! sgomea segera mendapatkan job yang sesuai dan bisa membuat uthie bahagia di tahun 2011 ini. Banyak-banyak berdoa dan mengambil kesempatan seperti di film yes man… you can do it and be a LEGENDARY…(barney)btw post ini mengingatkanku bahwa aku belum membalas kartu posmu.. maaf ya. lupa -____- *dipentung*

Leave a Reply

