Terjepit Sawit


oil palm to rubber landKami bertemu dengan beberapa petani karet, masih di Bungo, dan menanyakan pendapat mereka tentang kelapa sawit. Para petani tersebut memiliki pengalaman mengelola kebun karet bertahun-tahun, baik yang monokultur maupun agroforest. Bagi mereka, bertanam karet sudah seperti tradisi lama yang sulit untuk dilepaskan.

Oleh karena itu, ada beberapa petani yang tetap enggan untuk mengubah kebunnya menjadi kelapa sawit. Namun, ada petani yang akan memilih sawit bila mereka memiliki kebun yang baru dan artinya karetnya tetap dipertahankan.

Karet sudah menjadi sumber penghidupan utama para petani. Mengubah kebun mereka menjadi kelapa sawit bisa menggoncang ekonomi rumah tangga. Karena membuat kebun kelapa sawit membutuhkan modal yang tidak sedikit, dan masih diperlukan waktu menunggu beberapa tahun sampai kelapa sawit itu berbuah.

Tetapi ada juga petani yang memilih sawit, seperti foto tersebut. Di antara kebun karet mereka yang sudah mulai tidak produktif, mereka menanam sawit di antaranya. Memang masih ada karet yang bisa diambil, dan bisa jadi ketika kelapa sawit itu mulai menghasilkan, karetnya akan hilang.

Menanam sawit tidak sama dengan karet. Bibit sawit mahal, tidak seperti bibit karet yang bisa diperoleh secara cabutan di kebun. Merawat sawit juga membutuhkan lebih banyak tenaga daripada karet, termasuk pupuknya. Itu menurut petani.

Pasar dunia untuk sawit maupun karet memang sedang membaik –setidaknya untuk beberapa hal. Harganya menanjak terus dalam beberapa tahun terakhir. Harga CPO tahun 2006 sekitar 600 USD per ton. Pada 2001, harganya hanya sekitar 285.7 USD per ton.

Tahun 2006, harga karet sekitar 2,1 USD (sekitar Rp 19000) per kg untuk jenis RSS 1, dan lima tahun sebelumnya hanya tercatat sekitar 0,57 USD per kg. Oia, sementara itu, petani di Bungo mendapatkan sekitar Rp 13000 untuk setiap 1 kg karet mentah dengan kualitas terbaik.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s