Ini Karetku


Ini KaretkuDi Pasar Lelang Karet Ala Illir Blok D, Kabupaten Bungo, Jambi, setiap bagian karet milik petani diberi label nama dan nomornya. Siapa yang datang lebih cepat, maka dia akan mendapatkan nomor awal, karetnya lebih dulu dinilai, dan mendapatkan bayaran lebih dulu juga.

Maka, tak heran kalau petani karet di sana kadang sudah menaruh karetnya beberapa hari menjelang pasar lelang dibuka. Lelangnya sendiri baru dimulai dua minggu sekali, pada hari Rabu dimana para pedagang besar datang untuk membeli karet hasil sadapan petani tersebut.

Petani karet yang rumahnya jauh dari lokasi pasar lelang dan tidak memiliki modal transportasi terkadang menjualnya kepada touke yang datang ke rumah. Meski harga yang diberikan touke tidak semenarik di pasar lelang, mereka terikat dengan touke karena tuouke sanggup memberikan uang sebelum barang ada.

Pasar lelang Blok D termasuk pasar lelang terbesar. Ada sekitar 135 ton karet dilelang setiap dwimingguan. Jumlah pembeli berkisar 5 atau 6. Sebagai perbadingan, di pasar lelang yang lebih kecil, misalnya di desa Kotajaya, jumlah karet yang diperdagangkan berkisar 25 ton saja.

Di pasar lelang, karet dinilai berdasarkan kualitasnya. Semakin kering, semakin bagus dan artinya semakin mahal. Tengah Februari kemarin, karet sadapan kualitas baik harganya sekitar Rp 13,000 per kg, sementara karet yang masih basah, dihargai sekitar Rp 9,000 per kg.

Beberapa petani mengaku sanggup menghasilkan karet sekitar 70 sampai 100 kg setiap minggu dari 1 hektar kebun monokulturnya. Sementara, petani yang memiliki kebun karet campur dengan luas yang kira-kira sama menghasilkan 60 sampai 80 kg. Untuk mendapatkan itu, mereka hanya pergi ke kebunnya setiap hari, kalau tidak hujan, dengan membawa peralatan sederhana.

Ada yang mau jadi petani karet?

One response to “Ini Karetku

  1. bismillahirrohmaanirrohiim, saya berniat untuk jadi petani karet. saya mulai pada tahapan pembibitan karet. setelah ilmu dan pengalaman saya peroleh, mungkin akan berkembang menjadi petani karet dengan memiliki perkebunan karet. kendala usaha ini adalah ilmu, pengalaman, lahan, tenaga dan dana. maka harus step by step. amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s