Deforestasi Riau


“Mengerikan!” komentar seorang hadirin dalam sebuah pemaparan jelang makan siang. Si presenter menyajikan data tahunan yang berkaitan dengan deforestasi di Riau mulai dari tahun 1982 sampai 2007. Sebagian besar analisisnya berdasarkan citra satelit, meski data lapangan juga dihimpun dengan baik.

Pada mulanya presenter itu menerangkan bagaimana hutan Riau menjadi tempat hidup berbagai fauna penting seperti gajah sumatera dan harimau sumatera yang langka. Di Riau pula, sebagian kawasan hutannya berada di tanah gambut, yang menyimpan karbon dalam jumlah yang sangat banyak. Riau memiliki tanah gambut terbesar di Indonesia, katanya.

Presentasi kemudian berlanjut bagaimana hutan di Riau telah berkurang lebih dari separuh sejak 1982. Deforestasi yang terjadi di Riau ternyata lebih cepat daripada yang terjadi di hutan Amazon. Yang menarik, deforestasi itu ternyata dikontribusi secara nyata oleh dua hal : hutan tanaman akasia dan perkebunan kelapa sawit!

Maka, ketika kita melihat provinsi Riau tahun 1982, kita melihat warna hijau sangat mendominasi. Tapi ketika melihat tahun 2007, maka Riau sudah menjadi mozaik. Kebun kelapa sawit menyebar di atas tanah-tanah gambut , bersamaan dengan kebun tanaman akasia.

Di bagian akhir presenter memperlihatkan skenario jika tidak ada upaya memperbaiki (bussines as usual), maka hutan di Riau akan berkurang hampir 2 juta hektar sampai 2015. Namun, bila mengikuti rencana tata guna lahan yang sedang diperbaiki pemda setempat, maka hutannya ‘hanya’ akan berkurang sekitar 1 juta ha.

Ck..ck..sepertinya cerita tentang Riau akan tetap berlanjut. ~

2 responses to “Deforestasi Riau

  1. Pingback: Hore, Indonesia siap menurunkan emisi karbon 26% « Catatan Kecil·

  2. Pingback: Ada biaya tersembunyi dalam biodiesel dari kelapa sawit Indonesia « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s