The Real Desperate Housewives



Pekan ini pilihan bacaanku bergeser setelah menemukan buku The Real Desperate Housewives (Asmanadia, dkk). Buku yang sudah terbit sejak 2005 ini ternyata baru kutemukan sekarang (hihi..jadi ngapain aja selama ini kalo ke pameran atau toko buku?). Padahal isinya menarik benar..asli!

Oia, menurut HTR sebenarnya buku ini perlu dibaca oleh para istri, calon istri, para suami bahkan mertua yang peduli. Tapi whatever-lah, ada bagian buku ini yang berhasil memberikan perspektif baru dalam berumah tangga. Gambaran berumah tangga, dalam kacamata para istri, ternyata benar-benar berlainan dengan yang selama ini kubayangkan.

Salah satunya adalah cerita tentang Pengantin Santai yang ditulis oleh Rini NB. Komentarku tentang cerita ini pendek, ”heh..ternyata ada juga pasutri yang seperti itu”. Cerita itu menggambarkan bagaimana pasangan yang masih muda menjalani kehidupan barunya. Sepertinya mereka tidak begitu menganggap sakral sebuah rumah tangga. Apa yang mereka anggap nyaman adalah yang menentukan di hati, bukan di sisi luarnya. Mereka merasa repot kalau harus memanggil ’papa mama’. Mereka seperti laiknya sahabat yang sangat-sangat dekat. Begitu pula dalam menyikapi komentar orang lain tentang perkawinan mereka, dianggap enteng saja.


Hmm..benar-benar mengesankan.

Tapi buku ini tidak hanya tentang kejutan-kejutan yang menyenangkan. Beberapa mengisahkan perjuangan para istri yang pilu dan sepi ketika menghadapi kelakuan suami-nya, tiga ’mertua’ sekaligus yang selalu turut campur, sampai yang merasa inferior terhadap suaminya sendiri.


Satu lagi bagian yang paling baik adalah saat dimana para istri itu mulai bangkit dalam menghadapi persoalan-persoalan tersebut. Mereka ternyata benar-benar hebat! ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s