Undangan-undangan itu


Untuk kesekian kalinya, kubuka lagi buku-nya Mohammad Fauzil Adhim “Kupinang dengan Hamdalah”–salah satu penulis favoritku, bukan hanya karena pengalaman hidupnya yang mengesankan tapi juga karena beliau sangat produktif.

Kali ini babnya adalah tentang undangan. Yup, undangan pernikahan. Maklum, dalam seminggu kemarin kita mendapatkan beberapa undangan pernikahan sekaligus. Salah satu di antaranya membuatku bertanya-tanya karena yang mengundang tidak begitu kenal dekat denganku. Setahuku bapak yang mengundang itu adalah rekan di kantor yang tidak setiap hari bertemu, bahkan namanyapun aku tidak tahu. Itu saja.

Tapi mengapa beliau sangat bersemangat sekali mengantarkan undangan pernikahan putrinya? Pada para pimpinan bahkan didatanginya sendiri dengan iringan tutur kata yang halus dan sangat sangat sopan.

Lalu kutemukan halaman-halaman yang mendiskusikan undangan. Kata Fauzil Adhim, setelah melangsungkan akad pernikahan, orang perlu mengumumkan pernikahannya, i’lan, agar masyarakat mengetahui (hal. 259)

Fauzil juga menyatakan, melalui walimah, pengantin yang baru menikah mengabarkan kepada orang banyak, menyatakan rasa syukurnya dengan rezeki yang dikaruniakan Allah padanya. Pengantin juga mohon doa akan pernikahannya yang baru saja dilangsungkan dibarakahi oleh Allah dan Allah ridha kepada keluarga baru itu berserta keturunannya kelak.

Inilah esensi undangan yang sering dilupakan karena urusan lain yang sifatnya lebih praktis dan estetis.

Fauzil lalu melanjutkan tentang cara mengundang yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Selain memberitahukan kepada orang lain dan siapa saja yang mereka temui, ada juga yang dikabarkan secara khusus secara lisan. Mengundang dengan cara ini, lanjut Fauzil, lebih dekat kepada silaturahmi dan lebih dekat dengan kesucian hati serta kebersihan niat.

Hmm…kupikir yang dilakukan bapak itu sangat bijak. Ia lebih tua dari Fauzil Adhim, dan bisa jadi ia tidak pernah membaca buku yang sedang kubaca ini.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s