Running Track Changes on Numbered Pages


Hari-hari jelang deadline adalah hari-hari yang menyenangkan (huehue..). Bener lo, kadang kita mendapatkan sesuatu yang baru, sesuatu yang bisa membuat pekerjaan kita selesai lebih cepat.

Misalnya dalam masalah penomoran halaman di MS Word. Kalau Anda sering bekerja dengan banyak halaman, misalnya report atau buku, maka mengerjakan daftar isi, daftar tabel atau figure biasanya diberi penomoran yang berbeda dengan bab. Daftar isi diberi nomor i,ii…dst, sedangkan bab isi diberi dengan nomor 1, 2 …dst.

Tapi bagaimana jika setelah itu kita baru menghidupkan Track Changes? Apakah penomoran otomatis yang kita buat dengan fasilitas Index and Tables (Insert>Reference) bisa menjadi kacau?

Ternyata iya. Karena nomor halaman setelah itu menjadi tidak terlihat. Pada pemakai yang tidak pernah menemui situasi seperti ini, dan deadline tinggal dalam hitungan menit …mungkin bisa menjadi kepanikan tersendiri. Termasuk saya…^_*

Nah, inilah pelajaran dari kepanikan tersebut :

  • Pada saat layanan Track Changes dihidupkan, maka nomor halaman di Footer pada model view Print Layout menjadi tidak terlihat. Tenang saja, jangan ubah setting penomoran halaman, tabel atau gambar yang telah Anda bikin dengan susah payah.
  • Matikan layanan Track Changes setelah dirasa cukup untuk mengedit atau mereview file tersebut. Tekan button Accept Change dan hilangkan toolbar Review dari panel (klik kanan mouse pada panel dan hilangkan tick pada baris Reviewing)
  • Pemisahan bentuk nomor halaman biasanya menggunakan section (File>Page Setup>Layout). Kalau Anda merasa tidak masalah, jangan diubah setting ini. Perhatikan saja dimana letak section pertama dan berikutnya. Karena mengubah setting ini tidak banyak membantu Anda
  • Bila halaman pertama pada section pertama adalah kover, maka format penomoran bisa disetting menjadi tidak terlihat (de-tick show number on first page). Namun pada section kedua dimana halaman dimulai dengan bentuk nomor latin (1, 2 dst) maka setting tersebut harus dipilih. Kalau nomor di halaman pertama yang muncul adalah 2, maka Anda harus mengubah settingnya lagi. Caranya, isi angka pada pilihan ’Start at’ dengan angka nol (0). Pilihan strat at ini muncul setelah kita menekan tombol Format (Insert>Page Numbers>Format).

Itu dulu yah. Kalau ada yang punya trik lainnya, bisa dunk di-share..:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s