Hang..!


Ini komputer memang lebih canggih dari sebelumnya. Sayang, sekarang gantian user-nya yang hang.


Mengupdate harga sekian komoditas mungkin tidak seberapa. Tapi ini lo asyiknya, ternyata yang harus diupdate mendekati angka seratus. Udah begitu, masing-masing komoditas memiliki sejarahnya sendiri-sendiri. Ada yang terecord sejak 1989 sampai 2002 dan ada pula yang tidak ada sejarahnya. Alias asumsi! (again, kenapa sih orang-orang ekonomi suka sekali pakai asumsi?)

Itu bagian pertama. Bagian berikutnya lebih menantang. Masing-masing data harga tersebut terhubung dengan file lainnya. Sementara file yang disono adalah perhitungan yang sudah memiliki I/O tertentu, ada cashflow, labor sampai tingkat keuntungan sistem yang lagi dihitung tersebut. Gubrakk..! Pertama melihat cara perhitungan demikian, rasanya pengin muntah.

Tapi, kalau sudah rampung, rasanya seperti baru turun dari gerbong KRL ekonomi pada hari Senin pagi.

Ehm, jangan cepet lega dulu. Angka-angka yang hasil perhitungan kebanyakan memang bisa kelihatan, tapi itu bukan berarti selesai. Kalau cuma DIV/0 attau #REFF sih biasa, musti ditrace back dari drive ke folder, dari folder ke file, dari file ke sheet, dari sheet ke cell. Nahh!!

Nyatanya, hasil perhitungan dengan hasil yang keliatan angka-angka (bukan tanda aneh atau negatif abnormal) kadang malah berbahaya. Bisa jadi kita salah menaruh letak cell untuk di-link dengan sheet atau file yang lain. Ini kayaknya normal, tapi koq keluar dari pattern yang lain yah? Dimana yang salah? (lama-lama jadi kalut…)

Ini yang suka bikin hang user. Kalo dah hang, obatnya cuma satu : keluar dari ruangan, ambil kopi dah hirup uap hangat dalam-dalam dan……….hilanglah segala kalut perhitungan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s