Pin JIMMKI


Ada tulisan “Jaringan Intelektual Mahasiswa Muslim Kehutanan” di pin itu. Pin tersebut baru saja diberikan oleh Depi, pada suatu Jumat sore yang terburu-buru. Juga tidak diduga samasekali.

Sore itu dia baru sadar ketika melihat plang nama kantor yang sedang dikunjunginya. Ternyata kantor yang dikunjunginya bersebelahan dengan kantorku. Kemudian, smsnya mendarat di ponselku.

Depi tidak sendiri. Ternyata ada puluhan mahasiswa kehutanan lain yang sedang mengikuti kegiatan JIMMKI. Doles, Haryo dan beberapa yang lain ada di antara mereka. Kulihat mereka sangat antusias dan bersemangat.

Semangatnya hampir tidak berkurang sejak mereka menggagas pendirian organisasi baru tersebut. Mereka melihat ada peluang untuk memperbaiki keadaan dengan membuat jaringan yang lebih kuat dan lebar.

Organisasi ini tampak punya ciri yang jelas dan paten. Inilah yang lebih tepat disebut sebagai salah satu kristal dari proses dakwah di kampus-kampus kehutanan yang masih terus bergulir. Desain organisasinya mencerminkan konteks pemikiraan dan strategi gerakan yang sudah meningkat ke level yang semakin kompleks. Ini hanya bisa dicapai pada saat proses dakwah lingkup kampus sudah stabil. Hal inilah yang tampaknya tidak (sempat) terpikir oleh para pendahulunya.

Keberadaan JIMMKI bisa menjadi indikator dakwah di kampus-kampus kehutanan secara umum. Posisinya memperkuat gerakan moral di dunia kehutanan pada saat sector ini tengah dirundung persoalan yang seolah tiada habisnya.

Moralitas adalah penting untuk semua pemain di sektor ini. Sementara resep keilmuan yang menyangkut urusan hutan juga tidak kalah pentingnya. Yup, seperti seekor burung dengan dua sayapnya, maka si burung baru bisa terbang. Salah satu sayapnya tidak boleh sakit atau hilang.

2 responses to “Pin JIMMKI

  1. Sudah saatnya kita terbangun dari mimpi. ya, bumi sudah lama menanti kehadiran kita. kita sebagai pengemban amanah untuk menjaga alam. Tetap semangat pantang menyerah

  2. Pingback: A recap of feb article: Cigarette « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s