Iming-iming Menulis


Apa yang membuat Anda terus menulis?Beberapa senior sewaktu di SMA memberikan gambaran, yang pada waktu itu kelihatannya menarik. Dunia tulis menulis yang lengket dengan media massa mendekatkan kita pada para selebritis. Jadi, ketika kita menulis maka kesempatan kita bertemu dengan para artis semakin besar. Itu saja.

Herannya, dengan iming-iming seperti itu ternyata banyak juga teman-temanku yang tertarik ikut ngurusin majalah sekolah. Aku sendiri juga tertarik, terutama waktu itu masih suka dengan KLa Project atau Katon Bagaskara dengan Hutan Cemara (benar ga ya judulnya? Sudah lama sih)

Iming-iming itu ternyata terbukti. Sebagian teman yang keranjingan dengan grup Dewa 19 akhirnya bertemu juga. Mereka dapat pula interviewnya. Aku sendiri akhirnya juga dapat kesempatan bertemu dengan KLa sewaktu mereka manggung di Jogja.

Iming-iming yang lain adalah uang. Ya, tulisan adalah produk yang bernilai, dan kita bisa menghasilkan uang dari sana. Apalagi pada saat kita benar-benar tidak punya cadangan uang yang cukup, atau bahkan benar-benar membutuhkannya untuk makan. Dan menulis adalah kegiatan ekonomi yang sedikit modal tapi bisa menghasilkan banyak. Tapi di Indonesia penulis bukan profesi yang menarik, apalagi kalo disandingkan dengan bankir..heheIming-iming lain yang membuat kita bisa menulis adalah ingin sedikit narsis. Istilah narsis pada mulanya mungkin untuk lingkup personal, tapi bagaimana kalau kita tempatkan sebagai narsis ide? Iming-iming narsis ide mendorong para penulis untuk tetap menulis supaya tulisannya dibaca banyak orang.

Bagaimana dengan Anda?

One response to “Iming-iming Menulis

  1. Pingback: A recap of feb article: Cigarette « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s