Bogor, Blackout dan Jalan yang Berlubang


Kupikir Bogor punya ikon selain hujan. Ikon lain itu terutama menyangkut sarana transportasinya yang buruk dan listriknya sering mati.Anda mungkin salah seorang yang sudah berkeluh melalui radio atau menulis surat pembaca tentang kondisi tersebut. Atau kalau Anda ingin merasakannya sendiri, datang saja ke Bogor dan jangan lupa untuk lewat Jalan Baru (Jl Sholeh Iskandar). Tenang saja, jangan pasang kecepatan yang terlalu tinggi, karena kasihan dengan kendaraannya. Kendaaraan Anda akan melewati lubang-lubang yang bervariasi, mulai dari seukuran bola basket sampai selebar truk besar. Agak dalam pula.

Penumpang angkot yang lewat Jalan Baru sekarang harus sering kaget karena sopirnya sering bermanuver menghindari lubang-lubang becek tersebut. Kalau sudah begitu pasti semakin banyak bensin yang terbuang dan semakin banyak angkot yang rusak.

Beberapa lubang digenangi air yang tidak kering-kering. Mungkin beberapa hari ke depan bisa berubah jadi kolam ikan..:)

Sementara Anda menikmati perjalanan tersebut, beberapa wilayah di sekitar jalan tersebut mungkin sedang gelap. Ya, listriknya sedang mati! Sudah seminggu ini tercatat listrik mati tiga kali. Blackout terparah adalah sehari setelah Imlek kemarin. Bayangkan, sekitar 40 jam listrik di kompleks padam. Kata petugas PLN, trafonya rusak. Ah, mungkin disambar petir setelah hujan besar kemarin.

Seorang teman mengamati pemadaman listrik di kota-kota sekitar Jakarta. Katanya, kalau listrik di Bogor atau Tangerang padam berarti sedang ada acara besar di Jakarta. Entah itu konser atau perayaan lain. Hmm…atau jangan-jangan balas dendam gara-gara banjir kiriman ya?

Jalan penting yang rusak, bila tidak segera diperbaiki akan semakin besar kerugian ekonomi yang dialami. Sopir angkot yang pendapatannya berkurang, menurunnya produktivitas para pekerja yang menggunakan jalan tersebut dan sejenisnya. Termasuk pula ada kerugian politik yang dialami oleh Walikota Bogor karena virus ketikdakpercayaan warga yang terus tumbuh subur.

Mudah-mudahan Pemkot Bogor sedang berusaha mengatasi persoalan ini dan mungkin belum banyak orang mengetahui usahanya.

2 responses to “Bogor, Blackout dan Jalan yang Berlubang

  1. Pingback: Jalan Baru « Iip Al Banjary’s Blog·

  2. Pingback: A recap of feb article: Cigarette « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s