Air Putih Pengusir Batu


Kali ini ceritanya tentang kesehatan. Pekan kemarin, seorang rekan di kantor harus diinapkan di rumahsakit. Gara-garanya memang sepele, yakni cuma batu yang tidak seberapa besar. Namun, karena batunya ada di ginjal maka persoalannya jadi lain.

Beberapa hari kemudian sodaraku mengalami hal yang serupa. Ada batu di saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Batu, atau mungkin masih dalam bentuk kristal tersebut menggesek bagian pinggir saluran selama turun ke kandung kemih. Akibatnya terjadi luka dan sakit yang luar biasa. Ketika air seninya diperiksa ditemukan kandungan darah di situ.Ngomong-ngomong, sepertinya kasus-kasus demikian makin banyak saja di sekitar kita. Sayangnnya saya tidak punya data statistiknya. Jika ada mungkin kita bisa melihat lebih spesifik siapa saja yang terkena, bagaimana pola dll. Adakah pembaca yang punya?

Kata orang-orang, adanya batu di ‘organ dalam buat pipis’ ini karena karena kita terlalu sering duduk dan kurang minum.Dan minum yang terbaik adalah air putih.

Pembaca punya resep lain untuk mencegahnya?

One response to “Air Putih Pengusir Batu

  1. Pingback: A recap of feb article: Cigarette « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s