Idenya : PLTU 10.000 MW


Nampaknya ide tentang pembangunan PLTU sebanyak 10.000 MW dalam dua tahun terus bergulir. Pemerintah bahkan sudah membentuk tim tersendiri untuk mempercepat pembangunan tersebut. Proses prakualifikasi bahkan sudah berjalan, dimana para investor sudah mulai mengambil dokumen tender.

Apa yang melatari percepatan pembangunan pembangkit jenis PLTU tersebut? Jika kita menengok setahun kemarin, nampaknya tidak bisa lepas dari peristiwa pemadaman yang melanda hampir di seluruh Pulau Jawa. Peristiwa di pertengahan tahun tersebut sudah barang tentu merugikan banyak pihak, termasuk PLN sendiri yang memang tak pernah membukukan keuntungan. Dari situ kemudian telunjuk mengarah, bahwa kondisi keuangan PLN telah menyebabkan kehandalan sistem menjadi rapuh. Kondisi keuangan ini ternyata dipengaruhi oleh, salah satunya, adalah harga minyak dunia yang terus melonjak.

Ringkasnya, pembangunan PLTU dimaksudkan untuk mengurangi pemakaian BBM di kegiatan pembangkitan. Terang saja, harga batubara tidak semahal BBM, dan pada saat yang sama stok batubara local lebih banyak.

Pertanyaannya, darimana angka 10.000 MW tersebut? Kenapa pemerintah tidak mengeluarkan perhitungannya dan menjelaskan kepada masyarakat? Apakah terlalu rumit? Tentu pemerintah tidak asal mengeluarkan angka tersebut. Jika sudah ada risetnya, bagaimana metodologinya? Apa saja asumsi yang digunakan? Pertanyaan asumsi menjadi penting mengingat beberapa hal berikut :

Perencanaan yang sudah ada, baik yang sudah dibuat oleh PLN maupun departemen terkait. Kita tahu, kalau ide pembangunan PLTU 10.000 MW tersebut bukan berasal dari kedua belah pihak tersebut. Bagaimana nasib perencanaan dari departemen terkait dan pihak korporat?

Hal lain yang menjadi perhatian, adalah bagamana dengan pasokan batubaranya? Bagaimana pemerintah dapat menjamin pengusaha batubara akan mau mensupplai PLTU jika harga di pasar ekspor ternyata lebih menguntungkan?

Pertimbangan terakhir adalah aspek lingkungan. Semakin banyak batubara yang dibakar tentu semakin banyak emisi yang dibuang di atmosfier kita. Bagimana posisi Indonesia terhadap berbagai kesepakatan internasional tentang tentang perubahan iklim?~

2 responses to “Idenya : PLTU 10.000 MW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s