Dead Society


Cita-cita tanpa orientasi
Visi tanpa ideologi
Raga bergerak tanpa jiwa
Manusia jatuh dalam lembah kenistaan
Seruan harus dilantunkan…
(Izzatul Islam)

Masih ingat penggalan syair ini? Baru saja kutemukan setelah winamp di komputer ini memutarnya. Ah, ternyata winamp-ku jarang membuka folder nasyid tersebut. Barangkali karena nasyid lama, atau nasyid bukan pilihan utama lagi?


Anyway, penggalan syair tersebut ternyata bermakna luar biasa. Seperti menemukan harta karun, rasanya syair tersebut merupakan sudut pandang yang seharusnya tetap dipegang erat-erat oleh semua orang yang peduli, aktivis dakwah dan elit politik.


“Raga bergerak tanpa jiwa ” – Bayangkan, kalau ini terjadi di tingkat masyarakat. Maka masyarakat tersebut seperti tidak memiliki apa-apa. Mereka membangun infrastruktur kuat dan tangguh. Jalan-jalan lebar dan mulus, jembatan layang sampai gedung pencakar langit. Tapi kemudian tidak diisi dengan kebijaksanaan dan kelembutan. Maka tak heran kita tiap hari menemukan berbagi konflik dan ketegangan di jalan-jalan.


Mereka juga menambahkan udara dengan unsur-unsur yang tidak menyehatkan dan mendorong jumlah pesakitan paru-paru, otak dan balita. Bayangkan, mereka membiarkan unsur berbahaya seperti timbal dan asap rokok, tetap merajai jalan-jalan dimana semua orang melewatinya. Pembiaran, seperti pemisahan antara cita-cita dan gerak menuju cita-cita itu sendiri. Cita-citanya ingin memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, alih-alih mereka malah membiarkan masyarakat sakit.

Masyarakat seperti ini seperti sudah kehilangan nurani saja, tidak ada yang membawa kepada orientasi cita-cita yang asli : dead society. Dalam kondisi masyarakat seperti ini, akan banyak orang yang mencari harapan. Mereka akan menoleh kepada para pemimpin : pemimpin lokal, pemimpin spiritual atau bahkan pemimpin budaya ?

Wallahu’alam. Mudah-mudahan masih ada di antara kita yang masih bisa disebut pemimpin, yang masih bisa menunjukkan harapan pada saat semua orang kehilangan harapan.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s