The Leader


Setidaknya ada beberapa prinsip penilaian jika kita ingin memilih seorang pemimpin. Menurut Ust Ahmad Maulana, seorang pemimpin sebaiknya harus memiliki Al Qowi (Kekuatan) dan Al Amin (Amanah, kejujuran).

Al Qowi dan Al Amin harus berjalan seiring. Kalau ada cerita tentang seseorang yang jujur menjadi pemimpin tapi ternyata kemudian terjungkal, bisa jadi dia tidak memiliki kekuatan. Ingat apa yang diungkap oleh Ali bin abi Thalib, bagaimana agen kebatilan sanggup mengalahkan agen kebajikan, karena kekuatan kebatilan itu sanggup berserikat secara rapi dan kuat. Sementara agen kebajikan sendiri tidak berdiri sistematis.

Al Qowi adalah kekuatan yang bisa kita pilah menjadi beberapa komponen. Pertama, kekuatan intelektual (fikriyah), fisik (jasadiyah), dan ruhani. Dengan kekuatan fikriyah, kepemimpinan seseorang akan di-drive oleh konsep yang jelas sehingga gerakannya sistematis.

Bagaimana dengan Al Amin?
Al Amin akan merupakan bagaian yang penting untuk membuat kepemimpinan menjadi deliverable. Kepemimpinan yang deliverable adalah kepemimpinan yang amanah, dimana berbagai tujuan kelompok dan keinginan para anggotanya bisa dikelola dengan baik.

Pemimpin yang memiliki kekuatan tapi tidak amanah akan menghasilkan berbagai ekses seperti penyimpangan aksi dan korupsi.

Bagaimana hubungan antara Kekuatan Ruhani dengan Al Amin? Apakah seseorang yang memiliki kekuatan ruhani baik belum tentu bisa menjadi seseorang yang amanah dan jujur?

Mari kita balik. Seseorang yang memiliki kejujuran dan amanah, bisa jadi tidak memiliki kekuatan ruhani. Jika kekuatan ruhani mencerminkan bagaimana intensnya hubungan manusia dengan Allah, maka Al Amin lebih merupakan bagian praksis bagaimana ia berinteraksi dengan manusia lain. Tentu saja kita tidak bisa menafikan ada nilai atau spirit ruhani yang mendrive sikap jujur dan amanah tersebut.

Al Amin bisa digerakkan oleh kekuatan ruhani, tapi tidak sebaliknya. Implementasi Al Amin bisa diklaim sebagai perilaku orang shaleh, tapi tidak semua orang yang memiliki Al Amin adalah orang shaleh.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s