Energi dan Pembangunan Berkelanjutan


Maaf pembaca, berhubung sedang ada misi khusus untuk menyelesaikan suatu tulisan panjang, kali ini saya mengetengahkan tema yang mungkin tidak cocok untuk Anda. Tidak masalah, Anda bisa membuka tulisan lain atau meneruskan blogwalking-nya ke tempat yang lebih cocok:)

Baru saja saya membaca foreword suatu publikasi yang diterbitkan oleh International Energi Agency (IEA). Tahunnya terlihat 2001. Saya menemukan gambaran yang lebih agak detil tentang hubungan energi dan pembangunan berkelanjutan, khususnya di level kebijakan. Hubungan sejenis pernah muncul di bagian tertentu di IEER volume 2006 yang diterbikan oleh IIEE.

Supaya lebih enak dibaca, saya akan memaparkan dengan metode bullet points saja. Eh, maksudnya satu persatu dengan pointer.

Pertama, energi memilik hubungan yang dalam dengan setiap dimensi pembangunan berkelanjutan : ekonomi, lingkungan dan kesejahteraan sosial. Dikatakan, ketika suatu bentuk produksi dan konsumsi energi mengurangi keberlanjutan lingkungan, energi tersebut ternyata sangat penting untuk pembangunan ekonomi. Dengan energi, berbagai kebutuhan dasar seperti makanan dan tempat tinggal terpenuhi. Energi juga berperan dalam pembangunan sosial melalui peningkatan kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu, dalam pembangunan berkelanjutan, bagaimana kita memproduksi dan mengkonsumi energi menjadi sesuatu yang penting.

Kedua, IEA kemudian mencoba melakukan overview terhadap berbagai kebijakan di sektor energi. IEA melakukannya dengan menggunakan dua kriteria, yakni bahwa kebijakan itu harus bisa menyeimbangkan dimensi ekonomi, lingkungan dan sosial, kebijakan juga harus bisa mengurangi resiko yang sifatnya besar dan memperbaiki fleksibilitas sistem energi melalui pengelolaan resiko dan diversifikasi yang aktif. Kedua kriteria ini harus bisa membuktikan dirinya dalam menghadapi berbagai potensi tantangan dalam pembangunan berkelanjutan.

Nah, ini yang menarik. Apa saja potensi tantangan di Pembangunan Berkelanjutan? Mmm..mungkin di kesempatan lain saja yah. Sudah adzan Isya tuh :)~

One response to “Energi dan Pembangunan Berkelanjutan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s