Laba-laba pemalas


Ekspektasi tidak selamanya sebanding dengan ikhtiar. Fakta keberhasilan juga tidak selalu sebanding dengan ekspektasi, bahkan ikhtiar itu sendiri. Ekspektasi atau harapan, ikhtiar atau usaha dan hasil atau fakta keberhasilan memang tiga mahluk yang berbeda!

Sebagian dari kita mungkin sudah merasa berusaha begitu keras. Dan oleh karena itu, kitapun merasa berhak untuk melahirkan harapan. Hanya saja, apakah harapan yang coba kita lakukan itu sebanding dengan ikhtiar yang kita lakukan?

Ini analogi menarik yang pernah meluncur dari sebuah stasion radio. Seseorang yang iseng suatu saat merusak sebuah sarang laba-laba. Si empu sarang itu, setelah melihat sarangnya berantakan, kemudian bergerak untuk membangun sarang lagi sampai jadi. Orang tersebut, kemudian menghancurkan kembali sarang yang baru jadi itu. Setelah sarang itu hancur, eh si laba-laba ternyata kembali membangunnya kembali. Begitu seterusnya sampai ketiga kali. Orang itu terheran-heran, mengapa si laba-laba begitu persistent membangun sarang.

Sebagian dari kita mungkin seperti laba-laba itu. Begitu semangatnya berusaha dan tak kenal menyerah. Usaha merajut kesuksesan terus dilakukan, meski berbagi ujian dari luar selalu datang. Bisa diduga, semangat dan sikapnya yang tangguh itu pastilah dimotivasi oleh suatu harapan tertentu. Harapan dan ikhtiar harus sebanding, untuk bisa menggandeng keberhasilan yang kita inginkan.

Hanya saja, kadang sebagian dari kita juga bersikap seperti laba-laba pemalas. Belum juga memulai mengulur benang untuk membangun sarang, eh sudah percaya kalo sarangnya nanti tidak bakal bisa menjaring mangsa.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s