Tentang Pekerjaan (1)


Tengah bulan ini, ratusan ribu orang sedang berharap-harap cemas. Sebagian yang sudah mendapatkan berita pengumuman, dan ternyata lulus, pastilah bahagia. Syukurlah, kata mereka.

Anda juga termasuk dalam daftar yang lulus menjadi CPNS? Kalau begitu, saya akan mengucapkan beberapa selamat.


Selamat pertama adalah selamat tanda kebahagiaan. Saya turut bahagia, meski Anda berbahagia atau tidak. Bahagia karena mungkin cita-cita Anda tercapai, atau mungkin Anda malah tidak begitu bahagia, karena menjadi PNS adalah pilihan terakhir? Di sini, saya sih cuma ingin mengingatkan loh… kalau mencari pekerjaan di jaman seperti sekarang itu termasuk sulit. Ingat, jumlah pengangguran di negeri ini tidak puluhan orang, tapi jutaan!

Selamat berikutnya artinya selamat berjuang. Ujian pertama dalam menjadi PNS adalah ujian melawan mitos. Anda pasti sudah tidak asing mendengar berbagai mitos tentang PNS : berangkat siang, baca koran, ngobrol, makan, dan….. pulaaaang.
Sudah begitu, yang paling ditunggu tiap saat adalah uang rapat, proyek atau sejenisnya.

Pertama mendengar mitos ini tentu sedih. Mudah-mudahan gambaran seperti itu tidak banyak atau tidak ada deh. Kasihan kan orang-orang yang membayar pajak yang duitnya buat menggaji gaji orang yang seperti itu…

Ujian berikutnya ketika menjadi PNS adalah ujian menghadapi zona nyaman. Zona ini, adalah zona dimana orang akan merasa puas, tidak berkehendak lagi macam-macam dan sedikit inisiatif. Hal ini terjadi karena PNS diyakini punya masa depan yang terjamin. Coba buktikan, dimana ada negara yang normal mem-PHK secara massal para pegawainya?

Masa depan terjamin juga dibuktikan dengan penampilan pejabat birokrasi yang tidak pernah terlihat miskin daripada anak buahnya. Dimana-mana, penampilan si Boss yang sudah bertahun-tahun berkarir itu pastilah lebih keren dan ngejreng. Kalau penampilannya ternyata malah lebih kere dari anak buahnya, maka yang dipertanyakan malah anak buah-nya itu.

Nah, sementara ucapan selamatnya sampai di sini dulu. Pesan terakhir dari tulisan ini adalah : TETAP SEMANGAT!! Jangan takut melawan mitos. Lagian, masih banyak calon mertua yang suka punya mantu pegawai. Hehehe..koq jadi nglindur sih.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s