Listrik di Panggung Politik


Perdebatan tentang listrik memasuki episode baru. Setelah BPK menyelesaikan auditnya, kini tinggal bagaimana keputusan kenaikan tarif listrik itu dibuat. Inilah episode yang mungkin paling seru dimana wilayah teknis akan dimainkan oleh berbagai pemain politik.Hasil audit memperlihatkan kalau PLN akan merugi, kecuali bila subsidi ditambah dan atau tarif listrik dinaikan. Biaya produksi listrik PLN naik setelah harga BBM melonjak, padahal sebagian besar generator PLN dibangkitkan oleh energi fosil tersebut. Itu memang faktor yang paling menentukan, kendati bukan satu-satunya faktor. Efisiensi adalah faktor lainnya.

Audit BPK terhadap biaya produksi listrik sebaiknya memang dibuka lebar. Sampaikan saja dengan terang kalau ada perbedaan asumsi, seperti harga batubara, dengan perhitungan yang dibuat PLN sendiri. Transparansi hal-hal seperti ini diyakini akan membuat masyarakat menjadi lebih mengerti dan kelompok industri juga makin percaya.

Transparansi hal-hal yang teknis dan eknomis kepada publik akan mengurangi perdebatan yang tidak produktif. Perdebatan seperti ini seringkali dimainkan oleh pemain-pemain yang tidak memiliki baseline informasi yang sama. Kadangpula ada pemain yang tidak uptodate dengan perkembangan informasi. Memang selalu ada jeda antara pemain politik dan pemain di tingkat teknis. Hanya saja, keberadaan pemain teknis ini seringkali tenggelam, entah karena memang tidak punya kepiawaian di lapangan politik atau pemain politik lain lebih pintar.

Perdebatan kali ini, mungkin, para pemain teknis tentang listrik tidak usah terlalu jauh masuk ke lapangan politik. Perhitungan biaya produksi sudah final, bahkan sudah diaudit oleh pihak yang kompeten. Keputusan tentang harga listrik tinggal diproses oleh pemain politik yang sebaiknya juga sudah memahami persoalan teknis, hopefully.

Kalaupun nanti terdengar suara miring berkait dengan keputusan yang populis atau tidak, itulah tantangan menjadi pemain di panggung politik.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s