Amalan Awet


Pelajaran minggu ini adalah tentang amalan yang rutin dan lama. Apa istilah untuk yang tepat untuk ungkapan ‘rutin dan lama’? Awet atau bandel? Nampaknya sama saja.

Amalan yang awet, ternyata bisa dikaitkan dengan pertolongan Allah. Amalan yang awet di sini termasuk suatu ibadah yang mungkin bagi kita bernilai kecil, tapi ternyata bisa dilakukan dengan tanpa terputus. Infak 500 perak setiap hari, memberi makan tetangganya yang tidak mampu, atau hanya membantu seorang buta menyeberang jalan di dekat rumahnya.

Seorang teman semasa SD punya amalan yang benar-benar membuat iri. Setiap siang, tiap hari, ia membawakan setumpuk rantang makan siang ke tempat kakeknya. Tempatnya mungkin tidak tidak seberapa jauh, tapi bagi sang kakek jarak seperti itu adalah sesuatu yang sangat berat karena usia dan tubuh rentanya.

Temanku melakukannya dengan riang. Kadang ia mengajak teman mainnya yang lain. Ketika sampai di rumah kakeknya, yang ia bawa tidak hanya makan siang saja. Tapi juga keceriaan anak-anak. Suasana rumah sang kakekpun menjadi ramai…Hmm benar-benar menyenangkan.

Seorang ustadz di bilangan Tegal Parang bahkan menyebut amalan yang awet ini sebagai amalan yang berpengaruh. Ini bisa kita kaitkan dengan kisah nabi dan orang-orang saleh yang tertimpa ujian. Seperti nabi yang terdampar di perut ikan paus, hingga akhirnya selamat. Nabi Yunus pastilah memiliki amalan ‘favorit’, yakni amalan rutin yang sudah lama dikerjakan dan tidak pernah ia tinggalkan.

Atau juga kisah tiga orang yang terjebak di gua karena mulut gua tiba-tiba saja tertutup oleh batu yang besar. Ketiga orang tersebut kemudian meminta pertolongan kepada Allah dengan menyebutkan amalan ‘favorit’nya. Dan..subhanallah, batu yang menutup mulut gua itu bergeser setelah setiap orang berdoa. Hingga orang ketiga selesai berdoa, akhirnya batu itupun bergerak lagi sehingga membuat ketiganya dapat keluar.

Mm..kira-kira bagaimana jadinya kalau kita yang terjebak di gua itu. Adakah kita punya amalan-amalan favorit?~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s