Ada Rokok di Langit Jakarta!!


Langit Jakarta sekarang punya penghuni baru. Sebuah balon putih dan besar bergerak dari satu ujung ke ujung lain seperti membuat lingkaran. Di lihat dari bawah sih memang pelan, tapi balon itu benar-benar menarik perhatian banyak orang, termasuk saya.

Pertama, balon itu menjadi seperti ikon kesepian di tengah desktop langit yang jembar. Ia pun pantas ditengok oleh ribuan pasang mata penghuni jakarta. Tak ada yang menyaingi balon tersebut selain ujung-ujung gedung bertingkat saja. Hanya karena balon itu terus bergerak dan melayang, maka gedung yang berdiri ajeg saja menjadi tidak penting.

Oleh karena itulah, para orang tua akan dengan mudah memperlihatkan kepada anak balitanya, sebagai objek yang mempesona buat anak kecil. Inilah salah satu bahan berkomunikasi dengan anak balita..dengan memperlihatkan benda-benda baru dan memperkenalkan namanya. Btw, Anda masih ingat kapan pertama kali melihat benda seperti balon zepelin itu menggantung di langit dan menempel di pikiran –bahwa benda itu benar-benar bernama balon (bukan kaos kaki atau burung?)

Kedua, balon itu bertuliskan sebuah merek rokok. Tentu hal ini ironis sekali. Pada saat Jakarta mulai memberlakukan perda pengendalian pencemaran udara –yang salah satunya mengatur tentang asap rokok –seakan-akan memperlihatkan kalau rokok itu tetap melenggang tanpa hambatan. Bahkan eksistensinya semakin kokoh, tidak hanya menguasai ruang pandang warga di darat, tapi juga di langit.

Artinya, perusahaan rokok itu sedang memperlihatkan superiotasnya atas sebuah kebijakan. Ruang visual masyarakat yang dipenuhi dengan berbagai citra rokok pada akhirnya akan mereduksi semangat perda itu sendiri. Apalagi jikalau penegakan hukumnya setengah-setengah. Masyarakat akan dibuat apatis dan lama-lama perda tersebut akan kehilangan keberlanjutan sosialnya.

Heh, seperti rayap yang menggerogoti pagar bambu di musim hujan.(-p-)

2 responses to “Ada Rokok di Langit Jakarta!!

  1. Pingback: A recap of feb article: Cigarette « Catatan Kecil·

  2. Pingback: Apa kabar hari Sabtu « Catatan Kecil·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s